Senin, 10 Maret 2014

Disleksia (mothercareindonesia)

Disleksia adalah mempelajari hal yang sulit ketika orang-orang memiliki masalah-masalah kebutaan huruf. Hal ini mungkin terjadi jika anak Anda memiliki kesulitan berbicara, mendengarkan, mendengarkan, membaca, menulis, atau mengeja, yang akan mungkin membuat mereka mengalami kebutaan huruf. Anak yang mengalami disleksia akan memperoleh manfaat dari pendekatan yang berbeda dalam  belajar dan, secara umum, lebih cepat kebutaannya diketahui, lebih cepat keluarga Anda dan guru anak Anda bisa memulai untuk mendukung anak Anda.
Banyak orang-orang terkenal yang mengalami buta huruf, termasuk Richard Branson, Winston Churchill, dan Agatha Christie, dan penulis lainnya, musisi, aktos-aktor dan ahli fisika, diantara yang lainnya, telah sembuh dari kebutaan hurufnya – dan tidak alasan untuk anak yang mengalami buta huruf tidak mendapatkan yang mereka inginkan.

Apa artinya ini semua untuk anak saya?
Meskipun seorang anak dengan kebutaan huruf mungkin berjuang dengan benda-benda tertentu di sekolah, ini bukan berarti bahwa mereka memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah. Pada faktanya, anak-anak tersebut memiliki talenta dan bakat yang luar biasa. Orang-orang dengan buta huruf memiliki perbedaan dalam struktur dan fungsi otak mereka yang memberikan mereka keunikan keunggulan dan kelemahan. Hal ini berarti, ketika para penyandang buta huruf mungkin memiliki masalah dengan huruf-huruf, kata-kata, angka-angka, atau simbol-simbol not musik, mereka juga bisa secara luar biasa kreatif dan bertalenta dalam bidang seni, teknik, dan computer. Menjadi seseorang yang didiagnosa sebagai penyandang buta huruf dapat menjadi sebuah keringan bagi orang tua dan anak-anak yang memiliki masalah yang sama. Seperti salah seorang ibu mengatakan, “Ketika putra saya didiagnosa sebagai penyandang buta huruf, ini memberikannya kepercayaandiri yang sangat hebat untuk mencari tahu alasan ia tidak bisa mengeja dengan benar atau mengingat benda-benda. Sebelumnya orang-orang pun mengira dia bodoh.”

Bagaimana kemungkinan bahwa anak saya adalah penyandang buta huruf?
Pada umumnya, 4-5% anak-anak mengalami disleksia ringan dan sekitar 10% menunjukkan tanda-tanda ringan. Namun, disleksia ada di dalam keluarga, jadi jika seseorang di keluarga Anda mengalami disleksia, anak Anda kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama. Disleksia sering terjadi pada anak laki-laki.

Bagaimana saya tahu bahwa anak saya mengalami disleksia?
Jika Anda khawatir bahwa anak Anda mungkin memiliki tanda-tanda adanya disleksia, Anda harus berkonsultasi dengan petugas kesehatan atau dokter Anda. Banyak karakteristik yang diperlihatkan anak dengan disleksia yang dapat membingungkan dengan masalah-masalah kanak-kanak lainnya.

Menguji disleksia
Jika Anda menduga bahwa anak Anda mungkin mengalami disleksia, maka Anda harus mengujikan mereka sesegera mungkin, jadi Anda bisa berada pada posisi yang lebih baik untuk menolong mereka mencapai potensi mereka secara keseluruhan.
Jika anak Anda belum sekolah, bicarakan dengan dokter Anda atau petugas kesehatan untuk menyerahkan anak Anda kepada ahlinya. Jika anak Anda sudah bersekolah, guru mereka biasanya akan menjadwalkan mereka untuk mengikuti uji disleksia.

Mengobati disleksia
Jika anakAnda ditemukan mengalami disleksia, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong mereka. Disleksia adalah mempelajari kesulitan bukan sebuah penyakit, jadi disleksia tidak bisa diobati namun seorang anak bisa diberikan bantuan untuk mengurus masalahnya. Anak-anak dengan disleksia akan mendapat manfaat yang sangat besar dari perhatian pendidikan secara khusus. Anak Anda akan memiliki kesempatan terbaiknya untuk mencapai poensi mereka secara keseluruhan jika pengajaran khusus ini sudah dilaksanakan secepat mungkin.
Anak-anak dengan disleksia jarang memerlukan untuk besekolah di sekolah ‘khusus’; mereka hanya membutuhkan pertolongan yang ekstra di dalam kelas. Ini akan berarti mereka perlu menghadiri pelajaran khusus di sekolah. Pertolongan pendidikan secara ekstra yang dapat Anda, sebagai orang tua yang dapat Anda sediakan, juga akan memberikan manfaat bagi anak Anda. Para guru dan dokter akan memberi nasihat kepada Anda tentang kebutuhan spesifik yang diperlukan anak Anda dan yang harus Anda lakukan untuk menolongnya.
Hal terpenting adalah jangan khawatir. Pada awalnya, hal ini mungkin terlihat seperti masalah yang besar, namun banyak orang telah mengatasinya dengan baik. Bicarakan tentang anak Anda pada teman dan keluarga, dan mungkin Anda akan terkejut bahwa ada banyak yang mengalami kesulitan yang sama, atau memiliki teman dekat atau anggota keluarga yang mengalaminya juga. Juga, ada banyak kelompok pendukung yang bisa Anda ajak bicara, yang akan memberikan nasihat, dukungan dan informasi.
Selengkapnya >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar