Senin, 10 Maret 2014

Tips Mengasuh Cucu dengan Baik

Tips menjaga si kecil
Jaga agar cucu Anda tetap menjalani rutinitasnya, tapi janga ragu untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan baru yang bisa menjadi momen khusus bagi Anda sebagai kakek-nenek si kecil:
  • Membacakan cerita
  • Bermain music bersama
  • Memasak
  • Berenang
  • Membuat prakarya
The level of your involvement will, of course, depend on the age of the baby or toddler.
Kakek-nenek sebagai pengasuh si kecik
Ini mungkin wilayah baru untuk Anda dan memerlukan penanganan yang hati-hati.

LANGKAH 1: Aturan dasar. Jika Andak Anda meminta bantuan Anda untuk menjada anak mereka secara teratur, cari tahu apa yang mereka ingin Anda lakukan dan untuk berapa lama. Apakah untuk beberapa hari seminggu atau setiap kamis karena mereka perlu kembali bekerja dan membutuhkan pengasuh? Mungkin mereka belum memikirkannya dengan baik, tapi menjadi jelas pada tahap ini  akan membantu Anda berdua untuk mengatur sistem dukungan terstruktur dengan lebih sedikit kemungkinan melanggar batas atau penolakkan deri kedua pihak. Juga, jika Anda akan mengasuh cucu Anda bergantian dengan kakek-nenek lainnya, rencanakan pertemuan secara terpisah, jadi Anda bisa mengatur jadwal dan tidak berebut perhatian cinta cucu Anda.

LANGKAH 2: Pembayaran:  hal ini tergantung pada kondisi khusus dan apakah Anda berbagi giliran menjaga cucu Anda dengan kakek-nenek yang lain. Beberapa pasangan kaken-nenek merasa senang bisa mengasuh cucu mereka secara teratur dan sama sekali tidak mengharapkan imbalan. Bagi yang lain, menerima gaji dari mengasuh cucu membantu mereka kerja secara professional. Jika Anda belum mendiskusikan hal ini dengan anak Anda, tapi mereka mampu membayar Anda, Anda bisa menawarkan ‘kitty’ untuk menutupi sejumlah biaya si kecil. Hal ini akan memudahkan kedua belah pihak. ‘kitty’ dapat dengan mudah digunakan untu keperluan mendadak (membeli popok, persediaan makanan, membeli bensin dan lain-lain). Hal ini juga membantu perpindahan uang tanpa merasa canggung. Jika kedua belah pihak serius untuk melakukan perjanjian formal, cara terbaik adalah untuk mengetahui gaji rata-rata pengasuh bayi di daerah Anda dan sumber lainnya.  Lalu gunakan informasi tersebut sebagai referensi. Meskipun Anda tidak dibayar, mungkin ada baiknya jika Anda membicarakan soal pengasuhan seperti Anda bekerja sungguhan. Dengan cara ini, akan tercapai keinginan dari kedua belah pihak: anak Anda tidak akan melakukan hal-hal yang tidak bisa dan tidak mau Anda lakukan, dan Anda tidak akan menjanjikan hal yang tidak bisa Anda tepati.

LANGKAH 3: Rutinitas. Tergantung pada usia cucu Anda, cari tahu seperti apa rutinitas mereka. Tanyakan mengenai kegiatan si kecil pada siang dan malam hari sehingga Anda bisa mengikuti rutinitas tersebut dan menyarankan beberapa hal. Tidak peduli berapa banyak saran Anda yang di tolak, jangan pernah memaksakan kehendak Anda.  Diskusikan terlebih dahulu saran Anda (sebagian ibu akan menerima saran Anda dengan senang hati sebagian lainnya akan menolak saran-saran Anda). Meskipun hal yang masuk akal untuk dilakukan, dan bukan utuk pertama kalinya Anda melakukan hal tersebut, ada baiknya untuk selalu meminta izin untuk melakukan sesuatu pada anak Anda daripada memberitahunya setelah hal yang Anda sarankan dikerjakan. Anak Anda akan menghargai usaha Anda  tersebut

Tips pengasuhan
  • Jangan lupa berlatih - peralatan yang tersedia sekarang jauh lebih cepat dan lebih efisien, dan Anda mungkin perlu belajar dengan cepat cara menggunakannya, misal memasang kursi bayi ke mobil dengan benar.
  • Jaga agar jalur komunikas selalu terbuka sepanjang waktu. Jangan pernah berasumsi. Selalu bertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar