Rabu, 03 April 2013

Tepat Menghukum Anak



Tepat Menghukum Anak

Dear Bunda Hukuman bisa digunakan untuk mengajarkan anak tentang hal yang tidak baik untuk dilakukan. Perilaku buruk patut mendapat hukuman. Di bawah ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tujuan memberi hukuman tercapai.

Hukuman sebaiknya dilakukan jika anak melakukan sesuatu yang Anda anggap berbahaya. Selain itu, Anda telah melarangnya, namun ia tetap melakukannya. Perbuatan itu antara lain;

1. Memukul teman yang menyentuh mainannya.
2. Mendorong teman karena ingin merebut mainannya.
3. Mengambil barang milik orang lain tanpa izin.

Sebelumnya jelaskan kepada anak bahwa memukul, mendorong, dan mengambil barang milik teman akan membuat mereka sedih bahkan terluka. Jika ia melakukan perbuatan itu Anda akan memberinya hukuman.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menghukum anak adalah:

* Hindari menghukum anak saat Anda sedang marah. Tarik nafas dalam-dalam, pindah ke ruangan lain dan minum air. Biarkan amarah mereda agar Anda bisa berpikir lebih jernih.
* Jangan pernah menghukum secara fisik seperti memukul, menendang atau menyabet. Tindakan itu, selain melanggar hak anak juga akan membuat anak trauma
* Jangan pernah menghukum dengan memarahi, mencaci maki, dan menggunakan bahasa yang menyakiti hatinya
* Jangan menghukum anak di depan umum yang akan membuatnya malu.
* Jika Anda memberinya time-out tempatkan ia di tempat yang tidak ia sukai, misalnya, duduk di kursi di pojok. Waktunya satu menit. Agar balita tahu berapa satu menit itu, set alarm, yang akan memberi tanda jika time-out berakhir.

semoga bisa dipraktekan dengan bijak ya bun :)

sumber : Ayahbunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar