Senin, 01 April 2013

PERALATAN MEMERAH ASI



Cussons Mum & Me Indonesia wrote:

Selamat Istirahat Bunda sambil membaca Artikel "Peralatan Memerah ASI"

Peralatan memerah ASI adalah atribut wajib bagi ibu menyusui yang memerah ASI nya . Kelihatannya banyak dan merepotkan ya. Tentu saja tidak kalau sudah menjadi rutinas . Apalagi ini semua untuk stok ASI yang cukup dan higenis bagi si buah hati kita. Mempersiapkan peralatan memerah ASI adalah bagian dari  persiapan memerah ASI. Sebaiknya kita persiapkan 1 hingga 2 minggu sebelum kita mulai memerah ASI , khususnya bagi ibu yang memerah ASI di tempat kerjanya .
Adapun Peralatan memerah ASI yang perlu ibu siapkan adalah :

1.    Pompa ASI
    Pompa ASI / Breast pump adalah peralatan utama memerah ASI bila menggunakan alat. Pada dasarnya ada 2 macam pompa ASI yaitu Pompa ASI elektrik dan manual. Yang elektrik dibagi lagi menjadi 3 yaitu dengan menggunakan tenaga baterai , listrik dan keduanya. Jangan lupa untuk membawa peralatan pendukungnya seperti adaptor , batterai dll. Ibu bisa membaca artikel tentang perbandingan penggunaan antara pompa manual vs pompa elektrik.
2.    Botol Tampung
    ASI yang diperah perlu untuk ditampung. Gunakan botol plastik / kaca yang bisa ditutup secara rapat dan kuat saat didinginkan maupun direndam air hangat. Agar praktis saya menggunakan botol susu plastik biasa yang kompatibel dengan pompanya. Sehingga tidak perlu untuk dipindah-pindah lagi baik saat proses pompa maupun nanti saat diberikan pada bayi.
3.    Lap bersih
    Lap digunakan untuk membersihkan peralatan setelah dicuci . Gunakan lap bersih yang lain untuk membersihkan payudara sebelum dan sesudah memerah ASI. Menjaga payudara tetap bersih dan kering penting sekali untuk kesehatan payudara.
4.    Breast Pad
    Breast pad membantu agar rembesan ASI tidak mengganggu ibu selama bekerja di kantor. Bawalah cadangan breast pad untuk mengganti dengan yang  baru bila sudah penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar