Selasa, 16 April 2013

Cara Atasi Mata Gatal pada Anak

Cara Atasi Mata Gatal pada Anak

Mata anak Bunda gatal dan sering dikucek? Hati-hati infeksi. Selain menghindari kontak dengan penderita infeksi, cara lain mencegah infeksi mata adalah dengan menjaga kebersihan.

Saat merasa ada yang tidak beres dengan matanya, misal perih, berair, atau gatal, biasanya anak akan secara refleks mengucek atau menggosoknya. Padahal, belum tentu tangan anak saat itu bersih, kan? Virus dan bakteri bisa saja menempel pada tangan anak. Mengucek mata, selain menyebabkan infeksi, juga bisa menyebabkan kornea tergores. Efeknya, penglihatan anak bisa menjadi buram, mata merah, nyeri, dan berair.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Saat anak mengeluh matanya terasa gatal atau mengganjal karena benda asing, segeralah bersihkan matanya dengan menggunakan air mengalir. Tekankan pada anak untuk tidak mengucek matanya meski terasa gatal. Jika pun ia ingin memegang atau membersihkan matanya dengan tangan, ia harus membersihkan atau mencuci tangannya terlebih dahulu.

Segera bawa anak ke dokter bila mata merah dan infeksinya tidak mengalami perbaikan dalam waktu 3 hari. Terlebih, bila kondisi mata memburuk, misal mata semakin bengkak, penglihatan jadi buram, dan mata terasa sakit sekali. Jangan sekali-sekali memberi obat tetes mata yang dijual bebas pada anak. Obat tetes mata yang dijual bebas biasanya hanya ditujukan untuk mata iritasi akibat debu atau kotoran, dan tidak ditujukan untuk mata yang terinfeksi.

sumber ; Parenting Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar